​​​​Peran Art Advisor dalam Dunia Seni

Mengoleksi lukisan memang merupakan hobi yang menyenangkan, tapi tidak semua orang memiliki waktu dan pengetahuan yang cukup untuk mencari tahu tentang seni, seniman, karya seni, apalagi art market yang ramai.

Lalu, siapa yang bisa membantu para kolektor seni pemula dalam membeli lukisan? Tentu saja seorang Art Advisor. Lantas, apa saja sih yang menjadi pekerjaan dari seorang Art Advisor?

Membantu dalam menemukan karya seni yang diinginkan

Apa kamu seorang kolektor yang ingin memulai sebuah koleksi? Atau punya rumah dan kantor baru yang perlu diisi dengan karya seni? Mungkin sekadar ingin memberikan karya seni sebagai bentuk apresiasi yang personal dan berharga? Seringkali kolektor pada awalnya kebingungan dalam menentukan seniman atau karya seni yang cocok dengannya. Tugas Art Advisor yang utama adalah untuk membantu kolektor seni dalam menemukan karya seni yang tidak hanya diinginkannya, tapi yang cocok dengan selera dan ruangnya. 

Salah satu tahap awal dalam pencarian karya seni dengan Art Advisor adalah dengan berdiskusi mengenai selera dari klien dan ruang seperti apa yang ingin diisi. Bisa jadi dia terinspirasi dari perjalanannya saat berkunjung ke suatu museum di luar negeri dan ingin menghadirkan nuansa yang sama ke dalam tempat tinggalnya.

Artopologi menghadirkan jasa Art Advisory sehingga kamu tidak perlu lagi repot mencari seniman atau karya seni yang sesuai. Art Advisor Artopologi akan membantu dalam proses kurasi seniman dan karya yang diinginkan, pembelian atau pemesanan karya, pengecekan kondisi hingga mengurus proses pengemasan dan pengiriman karya ke tempat tujuan. 

Menyediakan informasi tentang seniman dan karyanya

Art Advisor akan memberikan informasi yang lengkap tentang seniman dan lukisan yang dijual. Tidak hanya mereka akan memberikan rekomendasi seniman dan lukisan terbaik sesuai dengan kebutuhan dan budget koleksimu, tapi mereka akan memberikan saran terbaik untuk memulai koleksi bagi para kolektor yang baru saja akan memulai koleksi seninya.

Art Advisor juga akan memberikan informasi tentang teknik-teknik yang digunakan oleh seniman yang mereka rekomendasikan, tahun pembuatan, serta latar belakang lukisan  dan seniman.

Membantu dalam menentukan nilai seni lukisan

Peran Art Advisor adalah untuk membantu kolektor seni dalam menentukan nilai seni lukisan yang akan dibeli. Aktivitas ini disebut sebagai “appraisal,” di mana advisors akan menaksir harga dari lukisan yang akan kita beli, atau memberikan rekomendasi karya seni dengan nilai terbaik dan menyesuaikannya dengan pilihan dari klien juga.

Salah satu keunggulan dalam menghadirkan Art Advisor dalam pembelian suatu karya seni adalah anda tidak perlu khawatir lagi dengan peletakkan dan bagaimana lukisan atau karya seni menempati ruang anda. Art Advisor akan dengan senang hati membantu anda menghadirkan karya seni yang memiliki gaya, nuansa, dan makna yang cocok dengan anda dan ruang anda.

Ikuti Kami :

Scroll to Top