ANTARA EXTENDED – Pameran Seni Media dalam Program TITIAN MUHIBAH Indonesia – Malaysia 2023

Pada tanggal 15 September 2023, Jakarta menjadi saksi pergelaran pameran seni media yang spektakuler, ANTARA: EXTENDED, yang merupakan bagian dari program TITIAN MUHIBAH: Arts & Cultural Exchange Indonesia – Malaysia 2023. Pameran ini menghadirkan karya-karya seni media dari empat belas seniman Malaysia yang beragam, terdiri dari seniman individu, kolektif, dan performans. Dalam waktu satu bulan, Museum Seni Rupa dan Keramik akan menjadi rumah bagi karya-karya inspiratif ini, mulai dari 16 September hingga 16 Oktober 2023.

Menggali Ragam Karya Seniman Malaysia

Pameran ANTARA: EXTENDED mempersembahkan karya seni media dari seniman-seniman Malaysia yang mencakup berbagai disiplin seni. Salah satunya adalah Izzat Aziz, yang melalui karyanya berbasis objek-audio, mengajak audiens untuk merenungkan konflik yang terjadi antara Indonesia dan Malaysia terkait lagu Rasa Sayang Hey. Konflik ini sempat menciptakan reaksi pro-kontra secara massal di media sosial kedua negara.

Seniman media lainnya, Abdul Shakir, yang dikenal sebagai ‘Grasshopper,’ menghadirkan karya berupa single channel video yang membiarkan penonton menikmati keindahan motif bunga Matahari dan memikirkan berbagai perspektif.

Sementara itu, Daniel Mokhtar, melalui karya interaktif berbasis objek-cahaya, mengajak penonton untuk merenungkan hubungan manusia, energi, dan objek. Karya-karya ini menciptakan perbincangan visual yang mendalam dan menggugah pemikiran.

Pertukaran Seni dan Budaya Indonesia – Malaysia

ANTARA: EXTENDED bukan hanya sekadar pameran seni, tetapi juga sebuah pertukaran simbolik yang merenungkan diplomasi antara Indonesia dan Malaysia. Pameran ini mengungkapkan persamaan, perbedaan seni dan budaya, serta keberagaman wacana yang diekspresikan oleh seniman-seniman ini sebagai hasil reaksi terhadap hubungan penting antara kedua negara ini.

Pameran tahunan ini pertama kali digagas oleh Kapallorek (Malaysia) pada tahun 2021, dan sejak itu telah menjadi tempat bagi seniman-seniman muda untuk bereksplorasi dalam mengembangkan karya seni media, dengan tujuan memperkaya ekosistem seni di Malaysia. Pameran ini juga menjadi kolaborasi dengan Kersan Art Studio (Indonesia), yang turut berkontribusi dalam program pertukaran seni dan budaya antara Indonesia dan Malaysia.

Pameran yang Mencerahkan

Menurut Dayna Fitria, kurator Pameran ANTARA: EXTENDED, pameran ini membawa karya-karya seni media yang saling berdialog dalam hal gagasan, media, ruang, dan waktu. Ini bertujuan untuk memperluas ruang tumbuh seniman-seniman muda tanpa kehilangan esensi identitas. Pameran ini diharapkan akan menjadi pemantik yang memperluas dan mempertahankan interkoneksi antara Indonesia dan Malaysia.

Sebagai tambahan, program-program seperti Artist Talk, Gallery Tour, dan Workshop juga akan diselenggarakan sepanjang periode pameran, memberikan kesempatan bagi penonton untuk lebih mendalami karya-karya seni ini dan berinteraksi langsung dengan seniman-senimannya.

Bergabunglah dalam Perjalanan Seni Indonesia – Malaysia

Mari bergabung bersama kami di Museum Seni Rupa dan Keramik, Jakarta, dari 16 September hingga 16 Oktober 2023, dan ikuti perjalanan mengarungi sifat reflektif-reaktif hubungan yang terjalin antara Indonesia dan Malaysia melalui pameran seni media, ANTARA: EXTENDED.

Jadwal Pembukaan:

  • Sabtu, 16 September 2023
    • 16:00 – 16.30: Upacara Pembukaan
    • 16:30 – 17:00: Performans oleh Azizan Paiman
    • 16:30 – 17:00: Performans oleh Zulkefli Jais
    • 17:00 – 17:30: Performans oleh Irfan Mustafa
    • 17:30 – 18:00: Tur Galeri

Periode Pameran:

  • 16 September–16 Oktober 2023
  • Jam operasional: 09:00–15:00 (Selasa–Minggu)

Alamat Museum Seni Rupa dan Keramik: Jl. Pos Kota No.2, RT.9/RW.7, Pinangsia, Kec. Taman Sari Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11110

Jadwal Program:

  • 17 September 2023: Artist Talk – 11:00 – 13:30
  • 30 September 2023: Gallery Tour – 13:00 – 14:00
  • 7 Oktober 2023: Workshop – 10.30 – 12:00
  • 14 Oktober 2023: Gallery Tour – 13:00 – 14:00

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi laman Instagram @kapallorek dan @kersanartfoundation. Jika ada pertanyaan lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Ms. Lenny Ratnasari di 0818-0888-0987.

Tentang Kapallorek: Kapallorek adalah ruang seni independen yang didirikan pada tahun 2014 oleh Fadly Sabran dan berpusat di Seri Iskandar, Perak, Malaysia. Kapallorek beroperasi sebagai organisasi non-profit yang menyediakan platform alternatif bagi seniman media baru yang berkembang, seni antara disiplin, seniman eksperimental, artis residensi, dan peneliti seni. Mereka melakukannya dengan menyelenggarakan pameran, workshop, pertunjukan seni, dialog, dan sesi berbagi mengenai praktik kreatif mereka dengan komunitas lokal. Kapallorek juga berupaya menjalin pertukaran kolaboratif dengan praktisi seni dan ruang seni regional dan internasional.

**

Ikuti Kami :

Scroll to Top