Cara Jual Lukisan Online di Internet dengan Mudah

Cara jual lukisan online yang cukup efektif untuk mengembangkan karir seni agar bisa menjangkau pasar secara lebih luas. Sebagai seorang pelukis, kamu bisa menjual lukisan melalui internet untuk memperkenalkan diri dan karya ke lebih banyak kolektor. 

Peluang jual lukisan online cocok bagi seniman yang memiliki kemampuan menyulap kanvas jadi bernilai tinggi. Terlebih dunia digital saat ini sudah berkembang pesat sehingga bisa melakukan apa saja, termasuk menjual lukisan.

Tidak perlu lagi menggunakan cara konvensional untuk unjuk gigi sebagai seniman, kamu bisa dengan mudah memamerkan karya seni melalui internet, terutama media sosial. Ada banyak platform yang dikhususkan untuk seniman bertemu dengan penikmat seni dari berbagai belahan dunia. 

Jual lukisanmu dan jangkau kolektor dunia tanpa batas. Inilah rahasia untuk menjual lukisan online dan mencapai keberhasilan karir senimu.

Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa cara untuk menjual lukisan online dengan efektif. Kita akan membahas cara memilih platform yang tepat, mempromosikan lukisan dan mengelola transaksi jual beli secara aman. Jadi, bagi kamu yang ingin menjual lukisan melalui internet, simaklah dengan seksama artikel ini.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diikuti untuk menjual lukisan secara online:

Bangun Rekam Jejak di Internet

Pertama-tama, kamu perlu memastikan kamu memiliki laman website atau  akun media sosial untuk memberikan informasi tentang dirimu sebagai seorang pelukis dan karya-karyamu. Hampir semua orang di zaman ini memiliki akses internet, sehingga peluang karyamu ditemukan calon kolektor sangat tinggi. 

Gambar Berkualitas Tinggi

Persaingan dalam cara jual lukisan online tentunya harus dibarengi dengan kualitas gambar yang bersaing. Tampilkan gambar berkualitas tinggi yang jelas, mendetail dan pastikan memiliki resolusi tinggi agar tidak blur.

Sertakan deskripsi lukisan

Cara jual lukisan online di internet tidak terlepas dari deskripsi yang menjelaskan tentang lukisan, teknik pembuatan, ukuran, dan tema. Deskripsi yang rinci akan membantu kolektor memahami apa yang mereka beli dan meningkatkan kepercayaan terhadap lukisan yang dijual.

Membangun Mailing List

Mailing list adalah daftar alamat email yang dikumpulkan oleh sebuah organisasi atau individu untuk tujuan komunikasi. Dalam hal ini, mailing list dapat digunakan untuk berkomunikasi secara langsung dengan kolektor dan calon kolektor. 

Dengan menggunakan mailing list, kamu bisa mempromosikan dan menjual lukisan secara online kepada fans atau follower yang tertarik dan memiliki kemungkinan untuk membeli.

Memanfaatkan Media Sosial

Pilih platform sosial media yang sesuai dengan profil dan kebiasaan kolektor atau calon kolektor, seperti Instagram untuk seni dan desain, Tiktok untuk update harian, atau Facebook untuk jaringan sosial yang lebih luas. Setelah itu, bagikan hasil karyamu di platform media sosial tersebut untuk menjangkau kolektor atau calon kolektor Jangan lupa gunakan hastag #lukisan, #seni, dan #desain, untuk membantu orang menemukan lukisanmu.

Dengan memanfaatkan media sosial, kamu bisa mempromosikan serta menjual lukisan dengan lebih luas.

Bangun Relasi dengan Galeri dan Seniman Lain

Membangun relasi dengan galeri dan seniman adalah salah satu cara efektif untuk mempromosikan dan menjual lukisan online. Dengan memiliki jejaring, kamu bisa memperluas jangkauan dan meningkatkan kemungkinan karyamu dilihat oleh kolektor baru. 

Interaksi dengan Kolektor dan Calon Kolektor

Terus membina hubungan dengan kolektor adalah cara efektif untuk meningkatkan penjualan lukisan. Dengan hubungan yang dekat, kamu bisa meningkatkan kepercayaan mereka dan meningkatkan kemungkinan karyamu direkomendasikan ke kolektor lain.

Tentukan Harga

Anda dapat menentukan harga berdasarkan biaya bahan dan waktu yang telah diinvestasikan dalam pembuatan lukisan, atau menggunakan harga yang sama dengan lukisan sejenis yang dijual oleh seniman lain.

Jual Lukisan Melalui Platform Artopologi

Bagi kamu yang memiliki akun sosial media namun pengikutnya belum terlalu banyak, menjual lukisan di marketplace Artopologi bisa jadi solusi tepat. Di platform Artopologi, kamu bisa berpameran terus menerus selama 24/7 dan karyamu bisa dilihat oleh banyak orang. Artopologi merupakan lokapasar online yang memfasilitasi jual beli karya seni fisik, seperti lukisan, patung, instalasi seni, dan lain lain. Kamu hanya perlu mendaftar sebagai user dan memverifikasi diri sebagai seniman untuk dapat mengunggah karyamu.

Dapatkan kesempatan memamerkan karya 24 jam nonstop hanya di Artopologi, langsung saja daftar di sini.

Ikuti Kami :

Scroll to Top