3 Pameran dan Acara Seni Terbaru Dunia di 2023

Pameran seni adalah ajang untuk seniman dan kolektor, juga institusi dan organisasi seni untuk “unjuk gigi”. Di tahun 2023, terdapat beberapa pameran dan acara seni yang baru dilaksanakan di tahun ini.

Art SG

Art SG merupakan pameran seni internasional yang akan diselenggarakan untuk pertama kalinya di Singapura pada tanggal 12-15 Januari 2023. Pameran ini diharapkan akan mendapatkan dukungan yang cukup besar karena adanya dukungan dari Art Basel, yang merupakan perusahaan induk dari MCH Group yang telah membeli 15% saham pada pameran ini di tahun lalu. 

Daftar peserta yang terdiri dari galeri-galeri ternama seperti Gagosian dan Thaddaeus Ropac serta galeri-galeri kecil seperti TKG+ dari Taipei menjadi penjamin kualitas dari pameran ini, dan tentunya Art SG akan diikuti oleh beberapa galeri unggulan dari Singapura sendiri, seperti SAM (Singapore Art Museum) atau National Gallery Singapore. Sebagai negara yang kerap dikunjungi karena maraknya aktivitas seni yang ada, anda tentu saja tidak ingin melewatkan pameran yang satu ini. 

Tokyo Gendai

Tokyo Gendai adalah pameran seni internasional yang akan diselenggarakan di Tokyo, Jepang pada 7-9 Juli. Pameran baru ini diharapkan akan menjadi daya tarik bagi para kolektor seni karena Jepang telah mengurangi beberapa aturan impor seni tahun lalu. Aturan impor seni yang ketat dianggap oleh beberapa kurator Jepang telah menumpulkan selera seni kolektor di Jepang.

Negara yang memiliki kekuatan GDP terbesar ketiga di dunia ini berusaha mengembalikan pangsa pasar seninya setelah mengalami banyak perkembangan dalam industri seninya dari akhir abad 20. Selain itu, pameran ini juga akan dikurasi oleh komite yang terdiri dari para figur bisnis seni internasional terkemuka seperti Tim Blum (Blum & Poe) dan Marc Glimcher (Pace Gallery).

Pameran Solo Marina Abramovic

Sebagai seorang seniman yang berpengaruh selama lima dekade ke belakang, Marina Abramovic merupakan ikon dari ranah seni pertunjukan (performance art). The Artist is Present (2010) merupakan salah satu pertunjukannya yang paling sensasional dan intim dikarenakan kedatangan mantan kekasihnya yang tiba-tiba, Ulay ke panggung pertunjukan setelah tidak berbicara ke satu sama lain lebih dari 20 tahun. 

Pameran Abramovic kali ini akan diadakan di Inggris dengan memperlihatkan karya seni yang sudah dikurasi oleh tim kurator Royal Academy berkolaborasi dengan sang seniman. Di laman Royal Academy of Arts, pengunjung diharapkan agar bersiap dengan pertunjukan yang intens, di mana mereka juga dapat menghadiri acara sehubungan dengan pameran ini.

Ikuti Kami :

Scroll to Top